Rabu, 19 Februari 2020

7 KULINER KHAS MINANG YANG WAJIB DICOBA KETIKA BERKUNJUNG KE MINANG


   Image result for nasi padang

   Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner dengan cita rasa istimewa. Salah satu wilayah yang menawarkan makanan khas yang lezat adalah Minangkabau. Ada banyak Makanan khas minangkabau yang perlu anda tahu, jika anda pergi wisata ke sana atau sempat lewat di minangkabau, anda perlu mencoba wisata kuliner makanan khas minangkabau. 
   Dengan mengetahui mengenai makanan khas dari Minangkabau maka anda akan dapat menemukan makanan tersebut dengan lebih mudah apabila sedang berkunjung ke sana atau memang penasaran dengan makanan khas di wilayah tersebut. Berikut ini adalah beberapa makanan khas dari Minangkabau yang perlu anda cicipi.



1. Lontong Sayur Padang
Image result for lontong sayur padang
   Lontong sayur padang merupakan lontong yang ditambah gulai nangka, sayur kacang panjang, sambal lado merah dan disirami kuah santan serta ditaburi bawang goreng dan juga kerupuk khas Minang yang berwarna merah muda. Rasanya yang pedas menjadi ciri khas tersendiri dari hidangan lontong ini. 

2. Kalio Baluik Minangkabau
   10 Makanan Khas Minangkabau dan Penjelasannya Makanan

   Makanan selanjutnya yang masuk sebagai salah satu makanan khas Minangkabau adalah Kalio baluik. Jika dilihat dari bahan dan cara memasaknya makanan ini sangat mirip dengan rendang. Perbedaan makanan kalio baluik ini dengan rendang adalah pada warnanya yang lebih coklat muda karena proses masaknya tidak lama seperti proses memasak rendang. Makanan ini memiliki teksture yang sedikit lengket yang juga basah seperti terdapat caramel. Dari segi rasa, makanan ini sangat menggoda dan juga kaya akan rempah yang lezat. Jika dibandingkan dengan rendang, kalio baluik lebih bervariasi karena banyak juga yang dibuat dengan bahan dasar daging ayam, hati sapi dan yang lainnya.

3. Martabak Kubang
5 Kuliner Khas Minang Selain Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba
   Adonan tepung, telur, daging cincang dan daun bawang yang dicampur menjadi satu dan kemudian digoreng serta disajikan dengan kuah cuka berisikan potongan cabai dan tomat adalah kenikmatan dari martabak kubang. Walaupun sekilas terlihat serupa dengan martabak telur biasa, namun perbedaannya terletak dari segi adonan dan cara memasaknya.
    
4. Dendeng Balado Minangkabau
   Image result for dendeng balado

   Dendeng balado juga merupakan salah satu makanan khas Minangkabau. Makanan ini sudah sangat terkenal di banyak wilayah di Indonesia. Kelezatannya sudah tersohor sehingga jika anda berada di Minangkabau jangan Sampai melewatkan makanan yang satu ini. Dendeng terbuat dari bahan ikan sapi yang diolah sedemikian rupa kemudian akan dimasak dengan bumbu balado yang sangat lezat dan sedikit pedas. Anda bisa menikmati kuliner ini bersama dengan nasi putih yang hangat agar terasa semakin nikmat.

5. Lamang Tapai Minangkabau
10 Makanan Khas Minangkabau dan Penjelasannya Makanan

   Lamang tapai merupakan salah satu jajanan khas dari Minangkabau dengan rasa yang legit. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat lemang tapai ini adalah ketan. Ketan yang sudah dibersihkan akan dimasak dengan santan kelapa dan kemudian di masukkan kedalam bamboo. Kemudian bamboo dibakar hingga ketan matang. Jajanan ini memiliki rasa yang unik. Anda akan semakin dapat merasakan kenikmatannya dengan menikmati makanan ini bersama tape ketan hitam. Makanan ini biasanya akan menjadi salah satu jajanan khas bulan ramadan. Rasanya sedikit manis dna juga asam karena dinikmati bersama tape istimewa.

6. Nasi Kapau Minangkabau
10 Makanan Khas Minangkabau dan Penjelasannya Makanan
   Nasi kapau jika dilihat sekilas akan sangat mirip seperti dengan nasi padang atau dengan nasi rendang. Namun tetap saja akan ada perbedaan yang bisa anda temukan. Nasi ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Minangkabau dan sekitarnya karena rasanya tidak kalah dengan rasa dari nasi rendang. Makanan ini akan sangat mudah untuk anda jumpai ketika berada di agam, sumatera barat. Nasi kapau terdiri dari nasi dengan sambal dan juga lauk-pauk khas dari minangkabau. Makanan ini juga biasanya akan disajikan dengan gulai urat kaku sapi atau kerbau dan berbagai macam gulai lainnya. Lauk yang juga sering ditambahkan pada nasi ini adalah sayur nangka.

7. Galamai
makanan khas minang
   Di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, ada penganan sejenis dodol yang bernama Galamai. Selain di Payakumbuh, cemilan ini juga ditemukan di berbagai tempat di Sumatera Barat, antara lain Solok, Pariaman, dan Pasaman. Di tempat asalnya, galamai kadang disebut kalamai, calamai atau gelamai.
Galamai terbuat dari tepung beras ketan, gula aren, dan santan. Kemudian bahan ini dimasak dalam suatu kuali besar hingga membentuk adonan yang bertekstur lengket dan berwarna kecokelatan. Gumpalan ini akan dipotong dan dibentuk sebelum adonannya dingin. Mirip dodol atau jenang, tekstur galamai lembut dan empuk.

   Ya, itu adalah 7 kuliner khas Minang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Minang. Jika ada kesalahan kata/pengejaan mohon maaf. 
Semoga bermanfaat :)





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 KULINER KHAS MINANG YANG WAJIB DICOBA KETIKA BERKUNJUNG KE MINANG

       Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner dengan cita rasa istimewa. Salah satu wilayah yang menawarkan makanan khas yang le...